CARA MENGATASI HAMA PENGGEREK BATANG PADI

 

Insektisida ampuh untuk mengatasi hama sundep

PANDUFARM.ID – Hama penggerek batang padi atau biasa petani menyebutnya sundep (jika serangan terjadi pada fase vegetatif) atau beluk (jika terjadi pada fase generatif) merupakan salah satu hama utama pada tanaman padi yang jika tidak dikendalikan dengan benar maka dapat menyebabkan penurunan hasil panen dan bahkan dapat menyebabkan gagal panen. BELUK tidak dapat DIPERBAIKI oleh karenanya segera lakukan PENCEGAHAN sebelum itu terjadi.

Ada beberapa cara mengatasi hama penggerek batang padi yang dapat kita lakukan. Namun pada postingan kali ini kita akan membahas cara mengatasi hama penggerek batang secara kimiawi yaitu menggunakan insektisida yang sangat ampuh untuk mengatasi hama sundep atau beluk pada tanaman padi.

Insektisida PREVATHON PRO® 200 SC

Ada banyak sekali insektisida untuk mengendalikan hama penggerek batang padi, apa saja insektisida untuk hama sundep atau beluk yang Pandu Farm rekomendasikan ? Silakan sobat tani baca pada postingan sebelumnya.

Seperti yang Pandu Farm sampaikan di atas, disini akan kita perkenalan insektisida unggulan dari FMC Indonesia yang baru saja mereka launching dipenghujung tahun 2023 kemarin. 

Prevathon PRO 200 SC

Prevathon PRO® 200 SC  merupakan insektisida sistemik racun kontak, lambung, dan syaraf yang bekerja secara translaminar, berbentuk pekatan yang dapat disuspensikan dalam air berwarna putih kekuningan untuk mengendalikan hama pada tanaman padi dan jagung. 

Prevathon PRO® 200 SC mengandung bahan aktif Klorantraniliprol  200 g/l yang didukung dengan teknologi RYNAKXYPYR terbukti efektif dan efisien mengendalikan hama penggerek batang pada tanaman padi. Selain bekerja secara translaminar Prevathon PRO 200 SC juga memiliki efek ovilarvasida yaitu mengendalikan larva yang baru menetas serta berlabel hijau dan yang relatif aman terhadap musuh alami yaitu serangga yang menguntungkan atau serangga non-target. Adapun hama sasaran untuk tanaman padi yaitu penggerek batang termasuk ngengat kapernya dan hama putih palsu (HPP) atau ulat penggulung daun.

CARA PENGGUNAAN PREVATHON PRO® 200 SC

cara penggunaan prevathon pro 200 SC
Sobat tani, sebagus apapun suatu produk insektisida namun jika didalam penggunaannya tidak sesuai petunjuk perusahaan yang memformulasikannya maka hasil yang ingin dicapai tidak maksimal. Oleh  karenanya, sebelum menggunakannya sobat tani harus mengetahui bagaimana cara penggunaan Prevathon PRO 200 SC. Untuk mengetahui bagaimana cara penggunaan pestisida sobat tani bisa membaca petunjuk penggunaan pada label kemasan produk. 




  • Dosis Penggunaan Prevathon PRO 200 SC

Dosis Prevathon PRO 200 SC tergolong irit yaitu hanya 200 ml/ha dengan konsentrasi 0,75 ml/l air. Artinya untuk tangki 16 L kita gunakan sebanyak 12 ml larutan. Cara menghitungnya yaitu 0,75 ml x 16 L  = 12 ml. Namun terkadang antara dosis per Hektar dengan Konsentrasi per liter ini tidak ketemu. Hal ini terjadi karena kalibrasi semprot antara petani satu dengan lainnya berbeda-beda. Ada petani membutuhkan 14 tangki untuk lahan 1 hektar menggunakan tangki ukuran 16 L. Ada juga petani yang membutuhkan 20 Tangki untuk lahan 1 hektar dengan ukuran tangki yang sama.

Sekarang mari kita coba menghitungnya dengan menggunakan ilustrasi di atas. Kita tahu bahwa rekomendasi konsentrasi Prevathon PRO 200 SC adalah 0,75 ml/l air atau 12 ml per tangki 16 L dengan dosis 200 ml/Ha. Adapun untuk lahan 1 ha misalkan kita butuh 14 tangki ukuran 16 L. Berapakah jumlah dosis yang telah kita semprotkan  untuk lahan 1 ha dengan konsentrasi 12 ml/tangki tersebut ? Agar lebih mudah menghitungnya, kita sepakati dulu bahwa untuk 1 ha lahan kita butuh 14 tangki menggunakan tangki 16 L, karena ini yang paling umum dan paling banyak Pandu Farm temui dikalangan petani sekitar Pandu Farm.

Dosis =>> 12 ml x 14 tangki = 168 ml (belum sesuai anjuran)

Ternyata dosis yang telah kita semprotkan belum sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Terjadi kekurangan dosis sebanyak 32 ml ( 200 ml - 168 ml) untuk lahan 1 ha. Lalu bagaimana solusi agar antara dosis dan konsentrasi ini bisa sesuai....? 

Ada 2 (dua) solusi yang bisa sobat tani lakukan. Solusi pertama yaitu dengan menaikkan konsentrasi larutan per tangkinya. Dinaikkan menjadi berapa ml/tangki... ? Mudah saja kok, rumusnya tinggal bagi saja dosis anjuran dibagi jumlah tangki/ha 

 Konsentrasi/tanki =>> 200 ml : 14 tangki = 14,28 ml (bisa dibulatkan menjadi 15 ml) 

Solusi yang kedua yaitu dengan menambahkan jumlah tangki namun dengan konsentrasi tetap 12 ml per tangki 16 L. Lalu dari 14 tangki menjadi berapa tangki agar dosisnya ketemu 200 ml/Ha? Rumusnya adalah : Dosis dibagi konsentrasi/tangki. Yaitu : 200 ml dibagi 12 ml = 16,6 tangki atau bisa kita bulatkan menjadi 17 tangki. Kalau sobat tani takut kecapean karena harus menambah 3 tangki lagi ya silakan gunakan solusi pertama, Namun kalau saya pribadi cenderung memilih solusi kedua. Semakin tinggi volume semprot maka semakin rata dan semakin banyak bidang tanaman (daun dan batang) yang terpapar/terlindungi oleh larutan insektisida.

Banyak sekali yang bertanya tentang dosis pestisida menggunakan istilah tutup. Berapa tutup untuk 1 tangki 16 L....? ini sering sekali ditanyakan kepada Pandu Farm pada kolom komentar di Chanel Youtube Pandu FarmSebenarnya tidak ada salahnya jika kita menggunakan tutup kemasan produk untuk menetapkan berapa mili larutan pestisida untuk setiap tangkinya, karena biasanya pihak perusahaan telah mendesain tutup kemasan sedemikian rupa sehingga tutup kemasan bisa digunakan petani untuk menakar pestisida untuk setiap tangkinya. Namun sayangnya jarang sekali kita ketemukan informasi yang tertulis pada label kemasan tentang 1 tutup kemasan= berapa mili. Yaaa semoga ini bisa menjadi masukkan positif untuk pihak perusahaan.

  • Waktu Penggunaan Prevathon PRO 200 SC
waktu penggunaan prevathon PRO

Waktu yang paling tepat untuk menggunakan Prevathon PRO yaitu pada fase vegetatif awal. Penggunaan insektisida Prevathon PRO 200 SC pada awal fase vegetatif akan melindungi anakan produktif atau secara preventif, sehingga berpotensi menghasilkan panen yang optimal bagi petani. Fase vegetatif awal kira-kira usia 12-17 HST (Hari Setelah Tanam). Jika pada rentang waktu tersebut belum diketemukan ngengat kaper atau pun telur maka bisa ditunda hingga 20-23 HST sesuai kondisi dilahan. Pastikan sobat tani rutin melakukan pengamatan secara intensif guna menentukan tindakan yang paling tepat, karena dalam penggunaan Insektisida selain harus tepat dosis namun juga harus tepat waktu.

Berapa kali penggunaan Prevathon PRO dalam satu kali musim tanam? Bisa 1-2 kali tergantung kondisi di lahan sobat tani. Untuk hasil yang optimal bisa digunakan 2 kali. Kapan penggunaan kedua ? maksimal usia 35 HST  yaitu fase akhir vegetatif. Karena pada usia ini merupakan fase krusial dimana tanaman padi akan bertransisi dari fase vegetatif ke fase generatif. Kalau istilah Pandu Farm adalah Fase Primordia. Selain mencegah hama Penggerek batang, pada aplikasi kedua ini juga bertujuan untuk mengendalikan Hama Putih Palsu (HPP) atau biasa kita kenal dengan ulat penggulung daun. Biasanya HPP akan mulai menyerang pada usia diatas 25 HST.

  • Catatan Penting Penggunaan Prevathon PRO 200 SC

Produk Prevathon PRO ini harus dikocok dulu sebelum digunakan. Sebaiknya penggunaan Prevathon PRO tidak lebih dari 2 (dua) kali dalam satu kali musim tanam, selain faktor biaya namun juga untuk menjaga agar tidak terjadi resistensi hama sasaran terhadap bahan aktif klorantraniliprol. Gunakan pestisida sesuai anjuran dan patuhi Prinsip keamanan dan keselamatan dalam penggunaan Pestisida.


SEMOGA BERMANFAAT.

=====Salam Ngopi,,, Salam Bertani===== 


1 komentar untuk "CARA MENGATASI HAMA PENGGEREK BATANG PADI"