Panduan Pemupukan Padi Yang Benar dan Tepat dari Awal Sampai Akhir

 

Panduan Pemupukan Padi Yang Benar dan Tepat dari Awal Sampai Akhir

Salah satu kegiatan pemeliharaan tanaman dalam usaha budidaya tanaman adalah pemupukan, yang bahkan pemupukan ini menjadi salah satu kunci sukses dari usaha budidaya tanaman tersebut. Sehubungan hal tersebut maka disini kita akan memberikan panduan pemupukan padi yang benar dan tepat dari awal sampai akhir. Cara pemupukan padi yang benar dan tepat yang akan kita berikan ini sesuai dengan apa yang kami praktekkan di lahan sawah. Semoga panduan pemupukan padi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman petani dimanapun berada. AAMIIN...

Cara Pemupukan Padi Yang Benar dan Tepat

Sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai panduan pemupukan padi yang benar dan tepat dari awal sampai akhir, perlu saya sampaikan dulu bahwa sebenarnya tidak ada aturan baku tentang pemupukan padi ataupun pemupukan pada tanaman yang lain, baik itu mengenai jenis pupuk maupun dosisnya. Kenapa tidak ada aturan bakunya, oke kita bahas sebentar ya..

Berikut alasan kenapa tidak ada aturan baku mengenai pemupukan :

  1.  Pemberian pupuk harus menyesuaikan dengan tingkat kesuburan tanahnya
  2. Faktor Cuaca
  3. Kebiasaan Petani
Ketiga hal tersebut baru soal jenis dan dosis pupuk, belum lagi soal berapa kali sebaiknya pemupukan padi dilakukan untuk satu kali musim tanam, ada yang 2 kali, 3 kali, 4 kali, bahkan ada yang hanya 1 kali pemupukan. Kalau saya sendiri minimal 3 kali dengan dosis menyesuaikan kebutuhan untuk 1 musim tanam. 

Nah, mendasar pada uraian tersebut pastinya akan muncul sebuah pertanyaan seperti ini "apa yang sebaiknya kita lakukan jika aturan baku tentang pemupukan padi itu tidak ada...? " Kalau saya pribadi yang saya lakukan selama bertani seperti ini  :

saya mencoba berbagai macam formulasi pemupukan baik pemupukan pertama kedua dan seterusnya, apapun hasilnya nanti kita catat dan kita evaluasi untuk bahan penyempurnaan formula pupuk pada musim tanam yang sama ditahun berikutnya. Langkah tersebut kita lakukan terus menerus sampai kita temukan formula pemupukan padi yang benar dan tepat untuk kita terapkan pada lahan kita. Alhamdulillah setelah saya lakukan hal tersebut akhirnya ketemulah formula pemupukan padi yang benar dan tepat dari awal sampai akhir untuk lahan saya, dan sekarang akan saya bagikan untuk temen-temen semua, dan semoga panduan ini nanti bisa bermanfaat.

Panduan Pemupukan Padi dari Awal Sampai Akhir 

Baik sekarang kita bahas panduan pemupukan padi yang benar dan tepat dari awal sampai akhir khusus untuk musim tanam kedua versi Pandu Farm, sekaligus nanti kita bahas juga rincian biaya yang kita keluarkan untuk pemupukan tersebut. Berikut tahapan pemupukan padi yang saya lakukan :

  1. Pupuk Dasar;
  2. Pupuk Susulan I;
  3. Pupuk Susulan II;
  4. Pupuk Susulan III;

1. Yang pertama yaitu pemupukan dasar

Panduan Pemupukan Padi Yang Benar dan Tepat dari Awal Sampai Akhir
Pemupukan dasar ini saya lakukan 1 hari sebelum tanam. Pupuk yang saya gunakan adalah pupuk biofosfat dengan kandungan Phospat, Calsium Oksida dan berbagai macam mikroorganisme dari kelompok fungi dan bakteri yang bermanfaat untuk tanah dan tanaman. adapun dosis yang saya gunakan sebanyak 125 kg per Ha. Ada beberapa alasan kenapa saya menggunakan pupuk biofosfat sudah pernah saya bahas dengan detail, silahkan disimak ulasannya pada video Youtube yang berjudul Pupuk Phospat Terbaik.

 2. Pemupukan susulan I 

Panduan Pemupukan Padi Yang Benar dan Tepat dari Awal Sampai Akhir
Pemupukan susulan pertama ini dilakukan pada saat tanaman padi berusia 6 hari setelah tanam. Pada pemupukan ini saya fokuskan ke pemberian Unsur Nitrogen dan sulfur. Adapun jenis dan dosis pupuk yang saya gunakan adalah ZA Petro ini non subsida ya... dengan dosis 80 kg/ha, kemudian UREA dengan dosis sama yaitu 80 Kg/Ha. Nah karena pada pemupukan pertama ini biasanya ada resiko asem-aseman setelah dilakukan pemupukan maka saya tambahkan Zeolit Aktif merk ZEA sebagai penyangga PH tanah dengan dosis 14 kg/Ha. Sehingga total pupuk pada pemupukan susulan pertama adalah sebanyak 174 kg/ha. Khusus untuk pemupukan pertama ini ada hal-hal khusus yang harus kita perhatikan sebelum melakukan pemupukan, apa saja hal-hak tersebut sudah kita bahas dengan detail pada video yang berjudul SAAT YANG TEPAT PEMUPUKAN PADI.


3. Pemupukan Susulan II

Panduan Pemupukan Padi Yang Benar dan Tepat dari Awal Sampai Akhir
Pemupukan susulan kedua ini saya lakukan pada saat tanaman padi berusia 20 hari setelah tanam.
untuk jenis dan dosis pupuk yang saya gunakan adalah sebagai berikut :
Pupuk ponska subsidi dengan dosis 125 kg/ha, kemudian UREA dengan dosis 125 kg/Ha dan NPK Mutiara yang 16 16 16 itu sebanyak 40 kg/Ha, sehingga total pupuk pada pemupukan susulan kedua ini sebanyak 290 kg/ha.
Cara pengaplikasian pemupukan kedua ini saya lakukan dengan cara diulurkan diselasela tanaman.

4. Pemupukan Susulan III

Panduan Pemupukan Padi Yang Benar dan Tepat dari Awal Sampai Akhir
Pemupukan susulan ketiga ini saya lakukan saat tanaman masuk fase primordia yaitu usia 43 hari setelah tanam. Untuk jenis dan dosis pupuk yang saya gunakan adalah sebagai berikut :
NPK Ponska subsidi dengan dosis 80 kg/haZA Subsidi dengan dosis 80 kg/Ha, kemudian KCL Mahkota dengan dosis 40 kg/Ha. Total pupuk pada pemupukan susulan ketiga atau tutupan ini sebanyak 200 kg/ha.

Sehingga total keseluruhan pupuk yang kita gunakan untuk musim tanam kedua kali ini sebanyak 789 Kg untuk luas lahan 1 Ha.

Namun yang harus temen-temen ingat bahwa panduan pemupukan padi dari awal sampai akhir versi Pandu Farm ini nanti belum tentu sepenuhnya cocok diterapkan ke lahan masing-masing, tapi minimal temen-temen ada sebuah gambaran seperti apa pemupukan padi yang benar dan tepat dari awal sampai akhir yang harus temen-temen lakukan. Intinya temen-temen harus menyesuaikan dengan lahan dan perkembangan tanaman masing-masing, karena tidak ada yang lebih tahu kondisi lahan kita selain kita sendiri. Karena memang lahan dan tanaman yang kita tanam itulah laboratorium kita sebagai petani makanya lakukan berbagai macam uji coba dan jangan takut mencoba hal baru khususnya tentang pemupukan padi tersebut. OK.... ?

Rincian Biaya Pembelian Pupuk

Sekarang kita bahas REKAPITULASI penggunaan masing-masing jenis pupuk beserta berapa biaya yang kita keluarkan untuk 1 kali musim tanam dengan luas lahan 1 Ha dan berikut ini rekapitulasinya :

Panduan Pemupukan Padi Yang Benar dan Tepat dari Awal Sampai Akhir

Silahkan diamati dan difahami tabel di atas, dengan format seperti ini saya harapkan temen-temen mendaptkan informasi berapa jumlah pupuk dari masing-masing jenis pupuk beserta berapa harganya. Nah disini untuk harga saya hitung per kg agar jumlah biaya pembeliannya benar-benar riil sesuai jumlah pupuk yang kita berikan. Silahkan download rekapitulasi pemupukan diatas agar lebih mudah untuk memahaminya.

Bisa dilihat pada tabel bahwa total pupuk yang kita gunakan pada 1 kali musim tanam adalah sebanyak 789 kg/ha dengan total biaya sebesar 2.671.750 rupiah. Total biaya tersebut diluar biaya atau upah tenaga kerja ya, karena disini kita fokus ke masalah pupuk dan tahapan pemupukannya. Semoga apa yang pandu farm informasikan ini bermanfaat untuk temen-temen petani dimanapun berada. Dan jika informasi ini bermanfaat silahkan share ke media sosial yang temen-temen miliki agar temen-temen yang lain juga mengetahui apa yang temen-temen ketahui.

Informasi tentang panduan pemupukan padi yang benar dan tepat dari awal sampai akhir ini juga dapat sobat petani simak pada video di Chanel Youtube Pandu Farm berikut ini.




=====SALAM SUKSES PETANI NUSANTARA======

Posting Komentar untuk "Panduan Pemupukan Padi Yang Benar dan Tepat dari Awal Sampai Akhir"