CARA PERAWATAN PADI DARI AWAL SAMPAI PANEN

 

cara perawatan padi dari awal sampai panen

Cara Perawatan Padi Dari Awal Sampai Panen

Hari ini admin akan berbagi informasi tentang Cara Perawatan Padi Dari Awal Sampai Panen yang akan berguna sekali bagi sobat tani dimanapun berada. SOP cara perawatan padi ini admin susun berdasarkan pengalaman pribadi yang telah admin sempurnakan dari musim ke musim. Kenapa SOP cara perawatan padi ini selalu admin sempurnakan.. ? 
Mungkin ada sobat tani yang bertanya demikian kan. Jadi begini sobat tani, dalam usaha pertanian itu kita sebagai petani harus selalu menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dimana lahan usaha pertanian kita berada, terutama kondisi cuaca/iklim yang selalu berubah-ubah setiap waktu.

Berdasarkan kondisi cuaca/iklim tersebut maka pada setiap musim tanam kita sebagai petani harus selalu berusaha menyesuaikannya sehingga apa yang kita usahakan dalam budidaya padi nantinya bisa berhasil. Adapun jenis padi yang admin tanam pada artikel ini adalah varietas padi inpari  32.

Sebelum kita bahas cara perawatan padi dari awal sampai panen terlebih dahulu admin ingin membahas tentang tentang fase pertumbuhan tanaman padi agar nantinya pembahasan kita menjadi lebih mudah untuk difahami.

Fase pertumbuhan tanaman padi adalah sebagai berikut :

  1. Fase Vegetatif
  2. Fase Generatif
Sebelum kita bahas masing-masing fase pertumbuhan tersebut maka pertama akan admin kasih tahu tahapan budidaya padi sebelum tanam (tahapan setelah pengolahan lahan) seperti pada tabel berikut :

tahapan sebelum tanam padi


tahapan budidaya padi

1. Cara Perawatan Padi Fase Vegetatif

Fase Vegetatif dimulai sejak benih tumbuh sampai dengan pada masa reproduksi yaitu antara 0 hari sampai dengan 50 hari setelah tanam. Pada fase ini fokus pertumbuhan tanaman padi berada pada pertumbuhan akar, batang dan daun termasuk didalamnya adalah pembentukan dan pertumbuhan anakan padi. Adapun cara perawatan padi pada fase vegetatif adalah seperti pada gambar berikut ini :

cara perawatan padi

2. Cara Perawatan Padi Fase Generatif

Fase generatif tanaman padi adalah fase pertumbuhan reproduksi tanaman. Fokus pertumbuhan pada fase ini adalah pada organ-organ reproduksinya, seperti bunga dan buah.
Pada fase ini tanaman sangat membutuhkan banyak nutrisi seperti Kalium phospat kalsium dan boron. Adapun cara perawatan padi pada fase generatif seperti tampak pada gambar berikut ini :

cara perawatan padi fase generatif

cara perawatan padi saat pengisian bulir

Gambar/tabel diatas adalah sebagian dari SOP perawatan padi yang admin tampilkan disini. Bagi sobat tani yang ingin mendapatkan SOP selengkapnya dalam bentuk file Power Point bisa Download cara perawatan padi dari awal sampai panen ini
Sobat tani juga bisa melihat video pembahasan SOP pemeliharaan padi dari tanam sampai panen ini pada channel PANDU FARM.

Oke sobat tani semua, sebelum kalian tinggal halaman ini ada baiknya kalian tinggalkan komentar demi perkembangan dan penyempurnaan artikel-artikel di blog Pandu Farm kedepannya. Ada kurang lebihnya admin mohon maaf dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat tani dimanapun berada. AAMIIN.

15 komentar untuk "CARA PERAWATAN PADI DARI AWAL SAMPAI PANEN"

  1. Bagaimana, padahal pupuk subsidi kita lebih banyak pupuk padat bukan cair

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pupuk cair atau pupuk daun memang tdk disubsidi, tpi pemilihan penggunaannya adalah salah satu utk mengurangi penggunaan pupuk kimia tabur agar kerusakan kesuburan tanah tdk semakin parah.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Maaf Mas Pandu, Untuk Tahapan Sebelum Tanam, kelihatan ada yang terBALIK. seharusnya DeBESTAN itu untuk KEONG sedangkan EROS Gold untuk GULMA.
    Untuk Fase VEGETATIF perlakuannya kok hanya sampai 22hst?
    23 hst s.d. 49 hst apakah tidak ada perlakuan sama sekali?
    Menurut pengalaman saya padi usia 23 hst s.d. 49 hst rentan dengan serangan hama penggerek batang, sundep/beluk?
    Pada Tabel di atas, nomor pada Fase GENERATIF juga tidak urut.
    Sekali lagi, maaf sebelumnya....

    BalasHapus
  4. Bang sy mnta panduan penanaman padi Cakra Buana dan cara perawatannya dr awal smp Panen๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
  5. Ditabel kenapa ngak ada jadwal aplikasi pupuk susulan ke-3.

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum mas Pandu,
    Salam kenal,
    Menurut saya jarak waktu penyemprotan terlalu pendek,dan kiranya bikin ribet.
    Bisakan waktu semprotnya diperpanjang intervalnya dan dari 0-90 hst kira kira hanya 5 atau 6 kali penyemprotan ,gimana bisa tidak,
    Mohon dibuatkan resepnya?
    Terimakasih mas Pandu
    Wassalam

    BalasHapus
  7. Salam kenal om dari jember jawa timur masih pemula. Dengan adanya pandu farm sangat membantu untuk saya pribadi. Trimakasi

    BalasHapus
  8. Salam kenal om,saya petani pemula dari Pati jawa tengah.
    Pandu farm sangat membantu bagi saya, sukses selalu buat pandu farm.

    BalasHapus
  9. Mas pandu salam kenal dari ttangga Ngawi.. mau tanya mas pandu.. penyemprotan pada padi dengan 5 komponen produk apa boleh langsung di-mix dan disemprotkan dalam satu kali semprot / dimasukan langsung dalam satu tangki semprot mas..? Mtrswun kangge jawabanipun.. ๐Ÿ™

    BalasHapus
  10. matap pak lurah.jossss pokokE.salam kenal dari cilacap.

    BalasHapus